Harapan dan Kendala Petani Jagung di Poto Tano

Kminstan poto Tano- (15/2/2012) Petani jagung di Kecamatan Poto Tano berharap panen tahun ini mendapatkan hasil yang maksimal. Harapan tersebut dapat dilihat dari tanaman jagung yang tumbuh secara baik karena curah hujan pada tahun ini sangat baik, sehingga tanaman jagung petani tumbuh secara maksimal.

Hijaunya lahan jagung di kecamata Poto Tano membawa harapan bagi para petani setelah kurang lebih tiga bulan menunggu tanaman jagung di lahan mereka. Namun Petani sangat khawatir dengan banyaknya ternak yang berkeliaran tanpa diawasi oleh pemilik ternak tersebut, sehingga banyak sapi yang masuk kelahan petani sehingga petani mengalami kerugian yang sangat besar.

Salah seorang petani yang tanaman jagungnya habis dimakan ternak merasa kecewa dengan kondisi ini, jagung yang sudah berbunga ini habis dirusak oleh ternak yang lolos dari pemantauan. Abdul Wahab petani yang jagungnya habis di makan ternak mengatakan bahwa kejadian ini sangat disayangkan sudah dua bulan lamanya saya menunggu dengan biaya yang sangat besar akhirnya harus menerima kenyataan seperti ini.

Wilayah Desa Tambak Sari dijaman dahulu memang merupakan wilayah peternakan bebas, ketika  musim tanam tiba para petani di Kecamatan Seteluk  melepas ternaknya di wilayah Desa Tambak Sari yang dulunya adalah hutan belukar. Namun dengan berhentinya operasi tambak maka para petani tambak menjadi petani jagung dengan memanfaatkan tanah Hak Guna Usaha (HGU) di sekitar Desa Tambak Sari.

Oleh sebab itu pemerintah harus segera memberikan pencerahan terkait dengan masalah ini sehingga ttidak terjadi  masalah dikemuadian hari berkaitan dengan petani jagung merasa terganggu dengan keberadaan ternak  sedangkan peternak sapimerasa bahwa daerah Tambak Sari merupakan wilayah ternak. Semoga ada penyelesaian tentang masalah ini sehingga tidak ada yang dirugikan.(Uyik)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s